Berbagi info lewat ziddu ( www.ziddu.com )

Sabtu, 03 April 2010

POTENSIAL MATRIKS DENGAN SIFAT FISIK TANAH



Potensial matriks dipengaruhi oleh sifat fisik tanah dimana sifat fisik tanah yang mempengaruhi potensial matriks adalah ruang pori. Kurva ini dipengaruhi oleh tekstur dan struktur tanah. Dimana tanah memiliki luas permukaan yang lebih besar sehingga adsorbsi air permukaan partikel tanah banyak dipengaruhi sifat tanah (Islami dan Utomo, 1995).
Tanah yang memiliki tekstur kasar bila tanah jenuh air atau pada potensial matriks nol memiliki hantaran hidrolik tinggi. Karena sifat ini maka potensial matriks air tidak perlu terlalu banyak dibawah nol karena dapat menyebabkan kandungan air berkurang pada tanah kasar dibandingkan tanah yang bertekstur halus. Meskipun demikian kandungan hantaran hidrolik tanah bertekstur halus tidak menurun banyak dengan bertambah kecilnya potensial, sehinga dapat dikatakan bahwa tanah yang bertekstur kasar cenderung untuk menghantarkan air dengan cepat selama potensial matriks berada disekitar nol (Hakim, et al., 1997).
Semakin halus tekstur tanah semakin besar kandungan air suatu kisaran potensial matriks yang sangat luas. Tanah yang bertekstur halus sanggup menyimpan air dalam jumlah yang besar karena tanah memiliki volume ruang pori ukuran kecil yang lebih besar untuk menahan air ketika potensial matriks turun dibawah nol pada keadaan tidak jenuh. Sebaliknya pori dalam tanah yang bertekstur kasar kebanyakan berukuran besar yang tidak terisi air lagi (Foth, 1984).


Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

A.W.SURVEYS.com

Jejaring Sosial